Senin, 30 Oktober 2017

ANALISIS IKLAN

1. B*******k Cincai

 

Kelebihan :
  • Jingle Iklan yang Menggunakan Kosakata Lucu Sebagai Liriknya.
    Berkat iklan singkat inilah nenek cincai banyak digemari oleh para netizen,  bukan karena penampilannya tetapi karena jingle iklan tersebut yang menggunakan kosakata lucu sebagai liriknya sehingga membuat pendengarnya lama-lama menjadi hafal dengan liriknya, karena jingle iklan tersebutlah membuat minat pembeli atau costumer menjadi tertarik.

Kekurangan :
  • Iklan menggunakan bahasa yang tidak dapat dipahami. 
     Iklan seharusnya disajikan dalam bahasa yang bisa dipahami oleh khalayak sasarannya,  tetapi dalam jingle iklan tersebut menggunakan lirik atau kosakata yang tidak dapat dipahami. Kira-kira begini lirik jingle iklan tersebut :
"B******** emang cincai.
Harga santai, kagak lebay
Di nego aje say, pasti bisa say
Di nego sampai okay
Di nego aje say, pasti bisa say
Di nego sampai hokcay"
Penggunaan kata seperti  cincai, lebay   dan hokcay  tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar.

2. C***s A**y!

                

Kelebihan :
  • Visual dan slogan yang menarik
  Iklan ini menggunakan animasi yang lucu sehingga anak-anak menjadi tertarik melihat iklan tersebut.
Di iklan tersebut terdapat slogan "di bikin asik aja" melambangkan produk tersebut ingin memberitahukan bahwa produk tersebut memberikan perasaan menjadi senang dan gembira ketika mengkonsumsinya, lalu terdapat tulisan di bagian akhir iklan tertulis jelas "kukis cokelat chip favorit dunia" yang ingin disampaikan pada iklan ini adalah bahwa kukis tersebut sangat favorit didunia sehingga menimbulkan ketertarikan pada konsumen untuk mencoba kukis tersebut.

Kekurangan:
  • Mengklaim produknya kukis favorit dunia
 Produk ini mengklaim dirinya kukis favorit dunia tetapi dalam iklan ini hanya menampilkan tokoh animasi berbentuk kukis bukan menggunakan manusia sebagai bintang iklannya, sehingga tidak ada yang mendeskripsikan keenakan dari kukis favorit dunia tersebut.


3. S****e

          


Kelebihan :
  • Iklan yang simple dan humoris
 Iklan dengan Cak Lontong sebagai pengisi suaranya ini mampu dikenal oleh masyarakat luas karena isi iklannya yang menarik dan lucu. Di dalam iklan ini kata-kata yang disampaikan oleh Cak Lontong adalah sebagai berikut
"Hey Guys! 
Ayo berpikir jernih, apa iya dengan mencampur sendiri es batu, lemon, dan gelembung bisa seenak dan senyegerin segelas S*****? Boleh aja dicoba tapi nyatanya susah. Menurut kamu info ini gak penting? Nyatanya kamu jadi nontonin iklan ini selama lebih dari 20 detik. Dan kamu jadi haus dan pengen minum S*****. S***** nyatanya nyegerin.  "
Iklan ini begitu simple dan seakan memberi sugesti bagi yang melihat iklan tesebut untuk meminum produk tersebut.

Kekurangan :
  • Memerlukan lama untuk memahami iklan tersebut
 Karena iklan ini yang begitu simple masyarakat yang melihat akan merasa bingung dan bertanya tanya maksud iklan tersebut dan menganggap iklan ini tidak terlalu penting, namun jika mengamati iklan ini sampai selesai maka masyarakat akan mulai menyadari maksud dan tujuan iklan tersebut.

4.  B*****g T****e Biji Selasih

           

Kelebihan :
  • Menampilkan kandungan dalam produk
 Dalam iklan produk ini menggunakan lagu yang dinyanyikan oleh Cita Citata yang berjudul "goyang dumang" tetapi liriknya sengaja diganti untuk menyesuaikan jenis produknya. Di iklan ini juga menampilkan bahan-bahan produk tersebut yang menggunakan bahan-bahan alami sehingga konsumen bisa mengetahui kandungan dalam produk tersebut.

Kekurangan :
  • Menggunakan bahasa yang ambigu 
  Dalam iklan ini menggunakan bahasa yang sangat ambigu seperti ini "goyang biji, bijinya digoyang panas dalam hilang" kata-kata goyang biji tersebut memiliki arti yang begitu ambigu terhadap beberapa masyarakat yang akan berpikir negatif dengan kata-kata tersebut, iklan ini juga tidak patut untuk dipertontonkan kepada anak yang masih dibawah umur karena takut akan menjadi contoh bagi mereka.

5. J*.I*
         
        

Kelebihan :
  • Slogan yang menjamin 
 Banyaknya aplikasi toko online yang menjual batang atau sesuau tetapi tidak sesuai dengan spesifikasi atau ekspektasi sangatlah merugikan bagi konsumen sehingga banyaknya konsumen yang tidak percaya belanja online, oleh karena itu aplikasi toko online J*.I* berani meyakinkan masyarakat dengan slogannya yang #DijaminOri tentu membuat para pengguna aplikasi toko online menjadi percaya dan yakin membeli berbagai produk melalui aplikasi tersebut.

Kekurangan :
  • Menyindir pihak pesaing 
 Dalam iklan tersebut menurut saya terlalu menyindir aplikasi yang serupa dengan aplikasi toko online yang dimilikinya dengan menggunakan lirik di iklannya seperti ini "kena tipu, barang palsu" dengan menunjukkan ketika membeli sesuatu di toko online tersebut tetapi barang yang dibeli ternyata tidak ori atau palsu.

6. C***r

          

Kelebihan :
  • Menunjukkan kelebihan produk
    Iklan yang dibintangi oleh Agnes Monica ini mampu meyakinkan para konsumennya dengan 8 kelebihan yang dimiliki oleh produk ini, dengan dibuktikan dengan rambut agnes yang terurai indah tanpa ketombe dan 8 masalah rambut lainnya.

Kekurangan :
  • Menggunakan kalimat superlatif
  Penggunaan kalimat  superlatif yaitu dalam produk ini menggunakan kalimat bahwa shampo ini adalah pilihan No.1 di Indonesia, tetapi tidak disertakan bukti yang jelas bahwa shampo tersebut pilihan No.1 di Indonesia, dan menurut saya banyak juga shampo yang menawarkan kelebihannya lebih dari produk ini.

7. K***B**



Kelebihan : 
  • Menggambarkan kenikamatan produk
 Dalam iklan ini menggambarkan kenikmatan dari snack tersebut, bahhwa snack tersebut memiliki rasa yang sangat keriyuk, dan pasti banyak anak-anak menyukai snack tersebut. 

Kekurangan : 
  • Tidak menjelaskan secara rinci
   Iklan ini juga menggunakan kalimat yang superlatif, bahwa iklan ini merupakan snack No.1 di Jepang, tetapi tidak menjelaskan dalam hal apa snack tersebut bisa dijafikan snack No.1 di Jepang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar